Encephalitis

A.   Pengertian.
Encephalitis adalah infeksi jaringan atas oleh berbagai macam mikroorganisme (Ilmu Kesehatan Anak, 1985).
Encephalitis adalah infeksi yang mengenai CNS yang disebabkan oleh virus atau mikroorganisme lain yang non-purulen (+) (Pedoman diagnosis dan terapi, 1994).
            Encephalitis adalah radang jaringan otak yang dapat disebabkan oleh bakteri cacing, protozoa, jamur, ricketsia atau virus (Kapita selekta kedokteran jilid 2, 2000).

B.   Etiologi / Penyebab
Virus dibawa oleh Jenis jenis nyamuk berikut
Ø  Culex tritaeniorhynchus,
Ø  Cx. fuscocephalus,
Ø  Cx. gelidus,
                     Cx. Quinquefasciatus

C.   Proses Penularan Virus
Dipindahkan ke manusia saat nyamuk yang terinfeksi mengisap darah orang tersebut. Setelah masuk ke dalam tubuh, lewat kapiler darah virus melakukan perjalanan ke berbagai kelenjar tempat virus akan berkembang biak. Virus ini kemudian dapat memasuki ke seluruh aliran darah sampai akhirnya virus mengendap di dalam otak. Disini virus menyebabkan gangguan-gangguan, terutama peradangan otak yang serius. Masa inkubasi virus ini berkisar antara 4-15 hari

D.   Tanda dan Gejala.
1. Demam.
2. Sakit kepala dan biasanya pada bayi disertai jeritan.
3. Pusing.
4. Muntah.
5. Nyeri tenggorokan.
6. Malaise.
7. Nyeri ekstrimitas.
8. Pucat.
9. Halusinasi.
10. Kaku kuduk.
11. Kejang.
12. Gelisah.
13. Iritable.
14. Gangguan kesadaran. 

      E.   Pengobatan
 Sejauh ini karena JE merupakan penyakit virus, maka tidak ada pengobatan untuk menghentikan atau memperlambat perkembangan virus ini. Pengobatan hanya dapat dilakukan dengan cara simptomati (mengilangkan gejala-gejala yang terlihat setiap penderita). Cairan bisa diberikan untuk mengurangi dehidrasi dan obat-obatan diberikan untuk mengurangi demam dan rasa sakit. Dapat juga diberikan obat-obatan yang dapat mengurangi pembengkakan otak.                                                                                                                              
Penderita yang dalam keadaan koma mungkin diberikan bantuan-bantuan yang sifatnya mekanik dengan bantuan pernapasan. Sebagian besar orang yang terinfeksi dengan virus JE tidak menimbulkan gejala sakit, tetapi sebagian lagi dapat menimbulkan gangguan mulai dari sakit kepala, demam sampai gangguan yang serius. Dilaporkan dari 4 penderita JE satu orang di antaranya meninggal dunia. Beberapa penderita yang tidak meninggal, lebih dari separuhnya menderita gangguan kerusakan otak yang permanen.

   F.Pencegahan                                                                                                                               
Langkah pencegahan adalah dengan upaya pengendalian populasi nyamuk dengan insektisida atau cara-cara mencegah tersedianya tempat-tempat perkembangbiakan  nyamuk seperti genangan-genangan air baik yang terdapat di lingkungan sekitar rumah maupun di dalam rumah. Bagi para wisatawan yang mengunjungi daerah endemis JE dapat melakukan upaya perlindungan diri dengan menggunakan repellents nyamuk seperti lotion anti nyamuk, dan tidur di bawah kelambu untuk menghindari kontak dengan nyamuk.

              Kesimpulan
Encephalitis adalah infeksi jaringan atas oleh berbagai macam mikroorganisme, Encephalitis adalah infeksi yang mengenai CNS yang disebabkan oleh virus atau mikroorganisme lain yang non-purulen (+)

 Saran 
Waspadalah terhadap berbagai jenis nyamuk, terutama nyamuk culex yang dapat menyebabkan encephalitis ini. Jika terjadi gejala-gejala yang mirip seperti gejala pada penderita encephalitis maka lakukan pengobatan sedini mungkin.




1 komentar:

  1. info yang sangat bermanfaatt dan menambah wawasan baru,, good job gan .. :)

    http://goo.gl/4q7jJv

    ReplyDelete

 

PAGEVIEWS

FRIENDS